Loading...

Peringati 10 Muharram 1440 Hijriyah, Pemdes Sialang Rindang Gelar Istighosah

178
SHARE
Peringati 10 Muharram 1440 Hijriyah, Pemdes Sialang Rindang Gelar Istighosah

Ilustrasi 10 Muharram 1440 Hijriyah

TAMBUSAI - Bersempena peringati 10 Muhharam 1440 Hijriyah, Pemerintah Desa (Pemdes) Sialang Rindang, kecamatan Tambusai, gelar Istighosah dan Tabligh Akbar yang dpusatkan di halaman Kantor Desa Sialang Rindang, Kamis (20/9/2018) sore kemarin.

Acara dihadiri Pj Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Camat Tambusai Muammar Ghadafi S.Sos, Kapolsek Tambusai AKP Yulihasman S.Sos, Kepala Desa Sialang Rindang Putro Warsono S.Agr, Ketua TP KK Desa Sialang Rindang, Mantan Bupati Rohul 2 Priode Drs H. Achmad M.Si, Anggota DPRD Rohul Wahyuni, Tokoh Pemuda Tambusai Nirwanto S.Pdi, Pengurus NU, Tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat Sialang Rindang.

Dalam Tabligh Akbar, panitia datangkan Penceramah dari Pekanbaru, Ustadz H. Ahmad Rifa'i. Di lokasi acara, ratusan masyarakat Sialang Rindang sangat anstusias dan memadati tenda yang telah disiapkan Panitia, dalam mengikuti kegiatan menyambut tahun baru Islam.

Kades Sialang Rindang Putro Warsono, S.Ag mengatakan, peringatan 10 Muharram di Desa Sialang Rindang jadi kegiatan tahunan yang sudah dimulai sejak Transmigrasi tahun 1982.

Putro menyatakan, dari rangkaian peringatan 10 Muharram dimulai sejak Rabu (19/9/2018) malam, dengan gelar Istighosah dan Sholawatan. Kegiatan itu selain bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi antar warga juga untuk berikan pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya akidah dan tauhid, dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Alloh SWT.

“Melalui peringatan 10 Muharram, ini jadi agenda tahunan kita di Desa Sialang Rindang, rangkaian kegiatan ini dimulai dengan Intighosah, Sholawatan pada malamnya hingga Tabligh Akbar siang ini. Saat Istighosah disini hujan lebat dan deras, sampai-sampai tendanya patah, tapi itu adalah rahmat Allah SWT,” kata Putro.

Dihadapan Pj Sekda Rohul, Putro ingin mendengar jawaban dari Pemkab Rohul tentang komitmennya pembangunan infrastruktur jalan di Desa Sialang Rindang. Ia berharap jalan di Desa Sialang Rindang tahun 2019 wajib diaspal.

“Ini merupakan harapan dari masyarakat Desa Sialang Rindang, agar tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, tahun besok lebih baik dari hari ini, Desa Sialang Rindang ini harus dibangun dan mudah-mudahan 2019 jalan di Desa Sialang Rindang wajib diaspal. Seluruh masyarakat jaga Persatuan dan kesatuan semakin makmur ekonomi kesejahteraan semakin meningkat,” harap Putro

Sikapi aspirasi Kades Sialang Rindang, Pj Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si dalam sambutannya mengaku Pemkab Rohul komitmen dalam peningkatan infrastruktur jalan, namun keterbatasan anggaran, dilakukan pembangunan secara bertahap.

Terkait Pembangunan jalan di Desa Sialang Rindang, Lanjut Pj Sekda, tahun 2018 ini Pemkab Rohul akan bangun Full Material jalan di Desa Sialang Rindang. Dengan harapan tahun 2019 sudah bisa diaspal.

“Nantinya kita bangun jalan Full Material tahun 2018 ini, hingga ke desa, meskipun hujan jalannya tidak becek lagi. Kita berharap tahun depan sudah diajukan untuk pengaspalan. Pengaspalan jalan ini sesuai antrian karena keterbatasan anggaran kita, seperti tahun lalu di SKPA, SKPC, mudah-mudahan 2019 ini di Desa Sialang Rindang,” kata Abdul Hari.

Kemudian, selain masalah infrastruktur jalan, Pj Sekda Rohul berharap masyarakat Desa Sialang Rindang mengikuti Program Unggulan Replanting Kelapa Sawit, Pemerintah menganggarkan Rp 25 juta per Hektar dan membantu penyediaan bibit bersertifikat dan didampingi ahli dari PPKS.

“Bila usia sawitnya 25 tahun yang penghasilannya hanya 500 Kg, boleh ditumbang dan ikut program replanting. Dapat Rp 25 juta per hektar hibah dari Pemerintah, namun melalui kelompok. Bibitnya bersertifikat dan ahli dari PPKS. Seperti yang sudah cair di Desa Bencah Kusuma dan Desa Bukit Intan Makmur.