Percepat program KLA, Dinsos P3A Rohul Sosialisasikan PATBM

63
0
SHARE
Percepat program KLA, Dinsos P3A Rohul Sosialisasikan PATBM

Sekda Rohul Abdul Haris, membuka sosialisasi PATBM, terkait percepatan pembentukan Program Kota Layak Anak (KLA), yang ditaja Dinsos PPPA Rohul.

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.ID - Dalam upaya mempercepat pembentukan Program Kota Layak Anak (KLA), Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Sosialisasi ini berlangsung di Hotel Gelora Bhakti pada Senin (11/3/2019), dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si. Bertindak sebagai narasumber dari Fasilitator Nasional, Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Sispariadi M.A.

Baca Juga : Ini Cara Unik untuk Mencegah Penggunaan HP di Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian

Selain itu turut hadir Kepala Dinas Sosial P3A Rohul Hj. Sri Mulyati dan diikuti oleh 80 peserta, yaitu, 16 camat, 48 kepala desa (Kades), 4 anggota Forum Anak Rohul, Pengurus Tim Penggerak PKK, Pengurus Aisyiyah Rohul, pengurus BKMT Rohul, Fasilitator Daerah dan beberapa pengurus P2TP2A Rohul.

Pada pembukaan acara, Sekda Abdul Haris memberi tahu para peserta sosialisasi, terutama Camat dan Kepala Desa, bahwa mereka adalah perpanjangan dari Program Kota Layak Anak, untuk berpartisipasi dalam sosialisasi KLA di daerahnya masing-masing.

Baca Juga : Ditutup Ketua DPRD Rohul, Tuan Rumah Kembali Juara

Menurutnya, hal itu telah menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Kabupaten Rohul, mengedukasi masyarakat tentang bahaya tindak kekerasan terhadap anak.

"Sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Sosial PPPA, salah satu langkah preventif agar tindakan kekerasan terhadap anak bisa dicegah, walaupun bagi Rohul sendiri kasus kekerasan terhadap anak masih jarang", kata sekretaris Rohul dalam pidatonya.

Baca Juga : A3s jadi Smartphone Oppo Terlaris 2018

Sekda Abdul Haris juga menjelaskan secara kelembagaan bahwa pemerintah kabupaten Rohul memiliki lembaga yang bekerja untuk melindungi anak-anak, seperti Forum Anak-anak dan P2TP2A.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PPPA, Rohul Hj Sri Mulyati, mengatakan bahwa untuk mencapai Kabupaten Rohul sebagai Kota Layak Anak, Dinas Sosial PPPA telah melakukan beberapa persiapan, salah satunya adalah Sosialisasi PATBM.

Sri Mulyati juga menambahkan bahwa setelah sosialisasi ini, Dinsos PPPA Rohul kemudian akan melaksanakan sosialisasi KLA yang bertujuan menghasilkan sensitivitas terhadap pemerintah kecamatan dan pemerintah desa, mengenai masalah tindak kekerasan terhadap anak-anak.

Baca Juga : Tokoh Pendidikan di Rambah Samo Bangun Usaha Kreatif Minyak Serai Wangi

"Kota Layak Anak belum dibuat, tetapi sudah berjalan, kami tinggal menunggu SK Bupati Rohul, jelas kami menargetkan semua persiapan KLA yang akan selesai bulan ini," kata Sri Mulyati lagi.

Sri Mulyati menambahkan, KLA, yang akan dibentuk oleh Kabupaten Rohul, adalah kota nyata untuk anak-anak, yang mempromosikan pendidikan yang tepat untuk anak-anak yang melibatkan semua elemen, seperti orang tua dan masyarakat. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)