Home Education Melalui Zakat, BAZNas Bantu 1.903 Guru di 321 MDTA Se Rohul

Melalui Zakat, BAZNas Bantu 1.903 Guru di 321 MDTA Se Rohul

79
0
SHARE
Melalui Zakat, BAZNas Bantu 1.903 Guru di 321 MDTA Se Rohul

Ketua BAZNas Rohul serahkan bantuan insentif ke parwakilan guru MDTA di Rohul, melalui bantuan zakat dari Asbaf Fiisabilillah

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZnas) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berikan bantuan intensif bagi 1.903 orang guru di 321 Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) yang dinilai aktif.

Insentif tersebut diserahkan secara simbolis oleh Ketua BAZNas Rohul Armen Za yang didampingi Kasi Pendis Kemenag Rohul Rusly M.Sy dan Wakil Kabid Pendistribusian Zakat BAZNas Rohul H. Tarmidzi.

Penyerahan insentif yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Rohul (27/11/2018) ini diberikan Rp200 ribu per guru MTDTA. Insentif ini merupakan sisa dari dana yang dihimpun BAZNas dari saldo 2017 yang berjumlah Rp671 juta, melalui Asnaf Fisabilillah dengan total Rp380.600.000.

Sedangkan dana fisabilillah selanjutnya dibagikan langsung kepada 321 MDTA se-Rohul yang masih aktif dan diterima oleh masing-masing Kepala MDTA.

Dikatakan Ketua BAZNas Kabupaten Rohul, Armen Za, bantuan insentif yang diberikan kepada 1.903 guru MDTA se-Rohul ini setelah penambahan jumlah guru yang dianggap berhak menerima bantuan tersebut.

Armen juga menyampaikan bahwa bantuan asnaf fisabilillah yang diserahkan BAZNas Rohul ini juga diserahkan dalam bentuk beasiswa ke pelajar kurang mampu, mulai tingkat SD, SMP, SMA, hingga strata satu (S1) di baik dalam maupun luar negeri.

“Karena dana fiisabilillah berlebih, kemudian disepakati dialokaiskan bagi 1.903 guru MDTA yang diketahui 4 tahun terakhir tidak menerima insentif dari bantuan hibah APBD Rohul, karena adanya aturan baru dari pemerintah terkait dana hibah,”jelas Armen.

Juga disebutkan Armen, bahwa bantuan intensif tidak dijamin bisa disalurkan secara berkelanjutan setiap tahunnya, tergantung kondisi target pengumpulan dana zakat di BAZNas Rohul.

Ketua FKDT MDTA Rohul, Saparudin, sampaikan ucapan terima kasih atas perhatian BAZNas Rohul kepada nasib ribuan guru MDTA di 16 kecamatan. Dirinya berharap, bantuan intensif ini bisa disalurkan setiap tahun kepada guru MDTA se-Rohul, baik dari BAZNas atau Pemkab Rohul.

Kemudian diakui Kasi Pendis Kantor Kemenag Rohul, Rusli, sejak dana insentif guru MDTA tidak lagi dibantu Pemkab Rohul, jumlah MDTA di Rohul terus berkurang, dari 340 MDTA dan saat ini menjadi 321 MDTA.

"Jumlah guru juga berkurang, dari semula 2.022 orang kini menjadi 1.903 orang, dan ini jumlah yang masih aktif sampai sekarang," ungkap Rusli.

Armen ZA juga menyatakan, hingga Oktober 2018 dana yang sudah terhimpun di BAZNas Rohul mencapai Rp3,480 miliar lebih dari target Rp4 miliar, di tahun 2017 terealisasi Rp3,8 miliar dari yang ditargetkan Rp3,9 miliar.

“Dana yang kita bagikan kepada 1.903 guru MTDA di Rohul tersebut, setelah adanya sisa dana Fiisailillah termasuk dari saldo 2017. Itu merupakan kebijakan Komisoner, sehingga sisa dana Fiisabillah kita bantu untuk insentif guru MDTA,” sebutnya. (Ary)