Home Pemerintahan Kemendagri Akan Memblokir Data Sementara Penduduk Usia 23 Tahun

Belum Rekam KTP-el Hingga 31 Desember 2018

Kemendagri Akan Memblokir Data Sementara Penduduk Usia 23 Tahun

84
0
SHARE
Kemendagri Akan Memblokir Data Sementara Penduduk Usia 23 Tahun

Ilustrasi proses rekam KTP El

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), akan ambil tindakan tegas dengan memblokir sementara data penduduk dewasa dengan usia 23 tahun atau lebih, yang belum lakukan perekaman data Kartu Tanda Penduduk (KTP-el).

Menghindari pemblokiran sementara data penduduk bagi yang berusia 23 tahun di awal Januari 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul berikan waktu perekaman kepada warganya hingga 31 Desember mendatang.

“Bila hingga akhir Desember 2018 bagi masyarakat Rohul yang belum lakukan perekaman KTP-el, khususnya usia 23 tahun atau lebih, maka Kemendagri akan sisihkan data adminduknya dan dilakukan pemblokiran sementara hingga warga yang bersangkutan datang ke Kantor Disdukcapil lakukan perekaman KTP-el,” tegas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rohul, H Saipul Bahri melalui Sekretaris Disdukcapil Rohu H.Khairul Akmal Msi, Minggu (2/12/2018) sore.

Diungkapkan Khairul Akmal lagi, pemblokiran data adminduk yang dilakukan pusat, sifatnya tidak mematikan hak masyarakat melainkan sebagai sanksi administrasi saja. Namun untuk membuka pemblokiran data adminduknya, masyarakat yang bersangkutan agar datang ke Kantor Disdukcapil Rohul melakukan perekaman KTP-el.

“Apabila NIK diblokir, maka secara otomatis warga tersebut tidak bisa mengurus semua keperluan administrasi. Aasan Kemendagri melakukan pemblokiran sementara ini, untuk mendapatkan data kependudukan yang akurat dan tunggal. Selain untuk mewujudkan data kependudukan yang lebih akurat jelang Pemilu 2019,” tegasnya.

Khairul Akmal menghimbau ke warga Rohul berusia 23 tahun yang belum memiliki KTP-el, agar segera lakukan perekaman. Jika tetap tidak melakukan perekaman hingga 31 Desember 2018, maka pemerintah akan memblokir nomor induk kependudukan (NIK) warga tersebut.

“Kebijakan itu hanya berlaku bagi warga minimal berusia 23 tahun. Disdukcapil bersama UPTD Kependudukan kecamatan se-Rohul saat ini terus mensosialisasikan kebijkan Kemendagri itu ke desa dan kelurahan, agar diteruskan ke warganya,”

‘’Jadi bagi warga Rohul yang berusia 23 tahun dan belum lakukan perekamanKTP-el, masih punya waktu sekitar sebulan untuk melakukan perekaman KTP-el di Kantor Disdukcapil Rohul,’’ imbaunya. (Ary)