Kakan Kemenag Rohul : Diperkirakan Ada 2 Pasangan yang Bercerai Tiap Hari

53
0
SHARE
Kakan Kemenag Rohul : Diperkirakan Ada 2 Pasangan yang Bercerai Tiap Hari

Ilustrasi Bimbingan Pranikah

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.ID - Kepala kantor (Kakan), Kementerian Agama (Kemenag), Rohul, H. Syahrudin mengakui bahwa angka perceraian di Rohul benar-benar mengkhawatirkan dan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Syahrudin mengakui, diperkirakan ada dua pasangan yang setiap hari bercerai, termasuk pada hari libur hari Sabtu dan Minggu. Jika dilihat dari angka perceraian pada tahun 2018 ada 710 kasus perceraian, dan 710 pasangan dinyatakan bercerai.

Baca Juga : Bupati Sukiman Ngopi Bareng Warga Disurga

Dia juga mengakui, tingkat perceraian telah meningkat dibandingkan dengan tahun 2017. Di mana pada tahun 2017 tingkat perceraian di Rohul mencapai 682 kasus.

"Ini adalah pekerjaan rumah bagi kita semua, untuk mengurangi angka perceraian yang terjadi di negeri Seribu Suluk," katanya, Senin (11/3/2019) lalu.

Syahrudin juga menjelaskan bahwa pihaknya akan mencoba mengurangi angka perceraian dengan memaksimalkan peran bimbingan pranikah kepada pasangan yang akan menikah.

Baca Juga : Bupati Sukiman meminta Kepala OPD lebih kreatif mencari dana dari APBN

Lebih lanjut ia menjelaskan, pedoman pernikahan juga akan menjadi bahan evaluasi, karena ada banyak penyebab perceraian yang hilang dalam pedoman pranikah.

"Banyak penyebab perceraian dari faktor media sosial, ekonomi dan sebagainya, tidak dibahas dalam pedoman pra nikah," jelasnya.

Jadi dia akan memaksimalkan peran bimbingan pranikah, tidak hanya itu, dia juga berencana dalam pembinaan antara pria dan wanita akan dipisahkan dalam pembinaan, sehingga mereka bisa maksimal dan menjauh dari tindakan tercela.

Baca Juga : Seluruh Pejabat Eselon II dan III Rohul Diperintahkan untuk Segera Menyampaikan LHKPN

"Selama itu bimbingan pranikah datang berpasangan, dan itu sebenarnya dilarang dalam agama, karena belum sah menjadi suami-istri," katanya.

Dia berharap, kedepan angka perceraian di Rohul bisa menurun, dengan begitu banyak keluarga yang akan menjadi sakinah. (Fjr)