Home Religius Jelang Lebaran Idul Adha, Kakan Kemenag Rohul : Inilah Amalan yang baik untuk Dikerjakan

Jelang Lebaran Idul Adha, Kakan Kemenag Rohul : Inilah Amalan yang baik untuk Dikerjakan

167
0
SHARE
Jelang Lebaran Idul Adha, Kakan Kemenag Rohul : Inilah Amalan yang baik untuk Dikerjakan

Ilustrasi Ibadah Qurban

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.CO - Jelang lebaran Idul Adha yang jatuh Rabu (22/8/ ‎2018), Kepala kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Rokan Hulu (Rohul), Syahruddin berikan sejumlah himbauan ke masyarakat.
 
Selain ‎melaksanakan ibadah Qurban Kakan Kemenag mengatakan bahwa disyariatkan agar berpuasa di 10 hari pertama bulan zulhijah. Dianjurkan mengumandangkan takbir Muthlaq setiap saat, baik siang maupun malam sampai shalat Ied. 

Kemudian disyariatkan pula takbir muqayyad, yaitu yang dilakukan setiap selesai shalat fardhu yang dilaksanakan dengan berjama’ah.

"Bagi selain jama’ah haji dimulai dari sejak Fajar Hari Arafah dan bagi Jama'ah Haji dimulai sejak Dzhuhur hari raya Qurban terus berlangsung hingga shalat Ashar pada hari Tasyriq," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan ‎Syahruddin, puasa di awal bulan Zulhijjah sangat banyak memberikan keuntungan.

Selain itu, Syahruddin‎ juga menjelaskan bila masyarakat yang berkurban, hendaklah ia tidak mencukur rambut dan kukunya mulai dari 1 Zulhijjah hingga hewan yang dikurban kan disembelih.

“Itulah amalan-amalan yang sangat baik dilakukan umat muslim menjelang idul adha, dan himbauan ini sudah kita berikan kepada kepala KUA, kepala madrasah, dan Pondok pesantren Se Rohul. Dan kita berharap bisa di informasikan kepada masyarakat. Saat ini kita sudah masuk ke 4 Zulhijjah, tinggal beberapa hari lagi," katanya. (Ary)