Home Infrastruktur Jalan di Mahato yang rusak akan Dibangun Tahun 2019

Jalan di Mahato yang rusak akan Dibangun Tahun 2019

68
0
SHARE
Jalan di Mahato yang rusak akan Dibangun Tahun 2019

Ilustrasi Kondisi jalan rusak di mahato

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.ID - Ruas jalan desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara hingga perbatasan kabupaten Rokan Hilir sekitar 10 KM saat ini masih mengalami kerusakan.

Keadaan tersebut diperburuk oleh intensitas hujan yang tinggi saat ini, kondisi jalan dari simpang Genjer menuju ke Desa Mahato Tambusai Utara hingga batas Rohil sangat memprihatinkan.

Diakui Ketua Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD), Rohul Kelmi Amri SH, kini kondisi jalan ke Mahato sekitar 10 KM lagi masih rusak, sehingga perlu dilakukan pembangunan ruas jalan.

Apalagi jelas Kelmi, akibat curah hujan yang tinggi ditambah mobil yang melintasi jalan dari Dalu-dalu ke Mahato bertonase berat, juga sempat memutuskan trasportasi jalan, di Desa Mahato tetapi atas kerjasama perusahaan dengan masyarakat jalan kini sudah berangsur membaik.

"Saat ini kondisi jalan masih buruk, namun masih ada perhatian perusahaan terhadap badan jalan yang rusak, baik itu dengan memberikan pasir batu ataupun lainnya," katanya, Rabu (28/11/2018).

Disampaikan Kelmi Amri, tahun 2018 penanganan ruas jalan Dalu-Dalu menuju Mahato sempat terhenti karena tidak ada APBD Provinsi ‎yang masuk. Kemudian pihaknya berkoordinasi dengan provinsi baik secara lisan maupun tulisan, dan kepada Banggar provisi serta melalui fraksi Demokrat di DPRD provinsi Riau, untuk meminta di 2019 bisa dimasukan dan dilanjutkan pembangunannya.

"Alhamdulillah, di tahun 2019 besok informasi yang kita dapatkan dari Fraksi Demokrat akan dilanjutkan pembangunan ruas jalan Dalu-Dalu ke Mahato dengan nilai Rp64 miliar," tegasnya.

Kemudian, terkait teknis pengerjaan di lapangan, Kelmi mengakui tidak mengetahui persis, apakah dilakukan pengaspalan atau dibangun rigit. Namun masyarakat berharap pembangunan ruas jalan Dalu-Dalu Mahato bisa dibangun Rigit, karena mobil yang melintasi jalan tersebut adalah mobil bertonase berat dan lintasan mobil pengangkut CPO.

Jelas Kelmi, dengan dana sekitar Rp64 miliar tersebut ruas jalan dalu-dalu menuju Mahato sudah selesai secara keseluruhan. Dengan begitu jalan rusak di Mahato akan bisa segera terselesaikan.

"Kita juga berterimakasih atas komitmen pemerintah, karena jalan ini merupakan urat nandi masyarakat dan pemerintahan," terangnya.

Sikapi kerusakan jalan di Mahato, Camat Tambusai Utara H.Mastur sangat menyambut baik jika pembangunan ruas jalan Dalu-Dalu ke Mahato dilakukan pembangunannya di 2019.

Tegasnya, saat ini ada sekitar 10 KM lagi ruas jalan dari dalu-dalu menuju Mahato yang mengalami kerusakan parah, ditambah saat ini musim penghujan.

"Kini masalah jalan rusak sementara kita bekerjasama dengan perusahan-perusahaan kelapa sawit yang ada di Tambusai Utara ‎untuk mengatasinya, dan alhamdulillah perusahaan mau membantu," sebutnya.

Ucap Mastur, bila ruas jalan dari Dalu-Dalu ke Mahato benar-benar dilaksanakan pembangunannya, tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat, yang mayoritas adalah petani kelapa Sawit.

"Kepemerintahaan juga akan lancar karena jalan tidak lagi rusak, semoga bisa segera dilakukan pembangunannya," harapnya. (Ary