Home Smartphone Ingin Baterai Smartphone Kita Awet, Ikuti cara Chargenya

Ingin Baterai Smartphone Kita Awet, Ikuti cara Chargenya

52
0
SHARE
Ingin Baterai Smartphone Kita Awet, Ikuti cara Chargenya

Oppo F9 Charge

Rohultoday.ID – Banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan baterai smartphone mereka cepat habis. Bahkan tidak bertahan selama satu hari, hal ini bisa  terjadi karena kesalahan kita sendiri saat men-charge.

Anggapan pengguna selama ini mengisi baterai sebentar-sebentar akan menyebabkan kerusakan baterai, makanya pengguna lebih memilih untuk men-charge-nya semalaman ketika low-bat. Ternyata kebiasaan seperti itu salah.

Sebuah situs dari perusahaan baterai Cadex yang bernama Battery University merinci bagaimana baterai lithium-ion di smartphone kita sebenarnya sensitif terhadap tegangan mereka sendiri. Seperti manusia, tegangan yang berlebih bisa merusak usia pakai baterai untuk jangka panjang.

Jika Anda ingin menjaga baterai smartphone dalam kondisi prima, Anda perlu mengubah beberapa kebiasaan. Salah satunya Jangan Colok Ketika Baterai Penuh.

Menurut Battery University, membiarkan colokan smartphone tertancap ke saklar ketika baterai terisi penuh sangat buruk untuk jangka panjang.

Setelah mencapai 100 persen, kabel akan tetap menghantarkan percikan arus yang membuat smartphone terus berada di angka 100 persen. Saat seperti itu, baterai akan berada dalam keadaan tegangan tinggi.

Battery University menjelaskan : saat baterai penuh, copot colokan listrik. Sama halnya saat kita berolahraga, manusia akan kewalahan jika harus berolahraga tanpa henti selama berjam-jam. Bahkan, mereka menyarankan jangan sampai terisi 100 persen dalam men-charge.

Menurut Battery University: Li-ion tidak perlu diisi penuh. Bahkan, lebih baik untuk tidak mengisi penuh, karena tegangan tinggi membuat stres baterai dan merusak.

Jadi, sambungkan smartphone ke saklar kapan pun Anda punya waktu. Cara tersebut akan membuat baterai Anda akan lebih bahagia dan tahan lama. (Far)