Home Kesehatan Bupati, Sekda dan Ketua TP PKK Besuk Warga Penderita Tumor di RSUD

Biaya Perobatan Ditanggung Pemkab Rohul

Bupati, Sekda dan Ketua TP PKK Besuk Warga Penderita Tumor di RSUD

79
0
SHARE
Bupati, Sekda dan Ketua TP PKK Besuk Warga Penderita Tumor di RSUD

Sukiman menjenguk penderita Tumor, Pargi rianto

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.ID - Bentuk kepedulian Pemkab Rokan Hulu (Rohul), Bupati Rohu; H Sukiman, Sekda Abdul Haris Lubis, Ketua Tim Pengerak PKK Hj Peni Herawati, Selasa (4/11/2018) siang, besuk warga penderita tumor di bagian mulutnya yang kini dapatkan perawatan di RSUD Rohul.

Kunjungan bupati Rohul ke pasien yang di Rawat Inap di Ruang Cempaka Kelas II, juga dihadiri Plt Kabag Humas, Tanti, dan Bupati serta Ketua TP PKK Rohul, terlihat bercengkarama dengan pasien-pasien di RSUD Rohul, bahkan Bupati Rohul terlihat memberikan motivasi kepada para pasien yang ditemuinya.

Disela-sela kunjungannya, Sukiman mengakui, tergerak hatinya kunjungi pasien yang bernama Pargi Rianto (36), kini menderita penyakit tumor ganas di bagian mulutnya.

"Tadi kita lihat kondisinya, dan masih memprihatinkan. Artinya kini masih dalam pemulihan, semoga bisa lekas sembuh dan beraktifitas‎sseperti biasa lagi," harapnya.

Sukiman mengaku, dirinya sudah mengintruksikan kepada dirut RSUD untuk melakukan penanganan ekstra terhadap Pargi Rianto, berikan yang terbaik dalam proses penyembuhan.

Bukan hanya itu saja, dirinya dan Ketua TP PKK Rohul telah memberikan sedikit bantuan, walaupun begitu pihaknya ‎telah mengintruksikan kepada Direktur dan dinas terkait untuk mengutamakan Pargi dulu.

Sukiman mengaku, pihaknya sudah bercengkrama dengan keluarga pasien, memang kondisinya perekonomiannya menengah kebawah, untuk itulah ia meminta seluruh pihak untuk membantu Pargi.

"Ini kan warga kita makanya kita maka akan dilakukan hal yang maksimal dalam penyembuhan pasien ini. Semoga keluarga tetap bersambar dan terus berdoa," jelasnya.

Pargi Rianto warga SKPA Kecamatan Rambah Samo, menderita penyakit aneh dan langka. Dirinya sudah menderita penyakit tersebut bertahun-tahun namun tidak mendapat perawatan, karena tidak memiliki dana. Bahkan keluarganya sudah berupaya mencari dana, dengan meminta bantuan ke sana-kemari, namun tidak juga dapatkan hasil.

Kemudian, warga tersebut mendapatkan respon kemudian dirawat di RSUD Rohul, dan kini sudah empat hari dirawat di ruang Cempaka dan mendapatkan penanganan khusus dari pihak RSUD Rohul.

Bupati Rohul H Sukiman, bersama Sekda Abdul Haris dan Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herwati, melihat langsung warga SKPA tersebut yang kini terbujur lemah dengan mulut yang suah ditumbuhi daging akibat bibirnya terkena tumor. Bahkan, tubuh pria tersebut kurus kering tak berdaya, dan sesekali dirinya merintih kesakitan akibat penyakit yang dideritanya.

“Kita sudah titip ke Direktur RSUD Rohul, agar bisa merawat pasien tersebut, kemudian bila kondisinya sudah lumayan membaik segera dirujuk ke RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Karena untuk alat penanganan penyakit tumor bedah angkologi hanya ada di RSUD Arifin Ahmad, sehingga RSUD hanya merawat agar kondisinya bisa membaik dulu,”

“Nantinya, kita akan prioritaskan agar pasien tersebut bisa mendapatkan penanganan sehingga diharapkan penyakitnya bisa diobati dan sembuh. Pemkab Rohul akan membantu, hingga pasien tersebut bisa diobati, sedangkan untuk biaya teransportasi maupun biaya makan mereka selama di RSUD Arifin Ahmad nantinya kita akan koordinasikan dengan dinas terkait agar bisa dibantu,” janji Bupati Sukiman.

Direktur RSUD Rohul, dr.Novil kepada wartawan mengaku, bahwa penyakit yang diderita warga SKPA tersebut langka. Sementara untuk penanganan, hanya merawat pasien tersebut sehingga kondisinya bisa membaik, sedangkan operasinya nantinya dirujuk ke RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

“Ini penyakit langka, dan kita tidak memiliki peralatan bedah angkologi, sehingga nantinya setelah kondisi fisiknya membaik akan dirujuk ke RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Jelasnya, kita sudah tangani pasien tersebut dengan sebaik-baiknya, bagaimana kondisinya bisa membaik,”

“Pasien tersebut sudah 4 hari dirawat di ruang Cempaka RSUD. Berharap, dalam beberapa hari kedepan pasien tersebut sudah membaik dan bisa segera dirujuk ke RSUD Arifin Ahmad. Seluruh biaya perobatan akan ditanggung dengan BPJS, nantinya juga ada bantuan Pemkab untuk akomodasi dan selama dirawat di RSUD Pekanbaru,” kata Novil.

Disela-sela kunjungan itu, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, juga memberi sejumlah uang kepada keluarga korban, dan berharap pasien bisa segera sembuh. (Adv/Humas Setda Rohul)