Loading...

Diperkirakan Cair di Pertengahan Puasa

BPKAD Rohul Lakukan Proses Pencairan Bantuan ADD Tahap I

730
SHARE
BPKAD Rohul Lakukan Proses Pencairan Bantuan ADD Tahap I

Kepala BKAD Rohul, Suharman Nasution

PASIR PENGARAIAN- Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Suharman Nasution menyatakan, instansinya sudah menerima usulan pencairan bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap I (satu) tahun 2019.

Dijelaskan Suharman, besaran ADD tahap pertama bersumber dari APBD Rohul tahun 2019 yang akan diproses untuk pencairan sebesar 20 persen atau sekira Rp20 miliar, sesuai pengajuan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Rohul.

Mantan Kabag Humas Setda Rohul juga mengaku, total bantuan ADD untuk 139 desa yang dianggarkan di dalam APBD Rohul tahun 2019 sekitar Rp102 miliar.

Baca Juga : Safari Ramadhan di Kabun, Bupati Salurkan Rp75 Juta Zakat, Infak dan Sedekah

“Besaran bantuan ADD diambil dari 10 persen total penerimaan Dana Perimbangan yang diterima Pemkab Rohul di tahun ini," ucap Suharman, kemarin.

Sujarman juga mengaku, bantuan ADD tahap satu yang diprioritaskan untuk biaya operasional desa, dan penghasilan tetap kepala desa serta para perangkat desa saat ini masih dalam tahap proses administrasi pencairan.

BPKAD Rohul tambah Suharman, akan segera proses pencairan bantuan ADD tahap satu tahun 2019 sekira Rp20 miliar untuk disalurkan kepada 139 desa tersebar di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Rohul sebagai penerima bantuan ADD.

Baca Juga : Kerusakan Jalan di Kepenuhan, Akibatkan Sejumlah Truck Terpuruk

"Kita perkirakan, paling lambat minggu pada pertengahan puasa Ramadhan itu sudah ditransfer ke rekening desa masing-masing," ucapnya.

Suharman juga mengaku, penyaluran bantuan ADD dilakukan tiga tahap pencairan. Tahap pertama sebesar 20 persen, sedangkan pencairan untuk ADD tahap kedua dan tahap ketiga masing-masing sebesar 40 persen.

Tambah Suharman, besaran bantuan ADD bersumber dari APBD Rohul yang diterima 139 desa jumlahnya juga bervariasi, disesuaikan dengan luas desa, jumlah penduduk, potensi desa, dan faktor lainnya. BPKAD Rohul kini masih melakukan pengecekan kelengkapan administrasi untuk pencairan bantuan ADD tahap pertama yang segera disalurkan kepada 139 desa penerima.

Baca Juga : 10 Unit Embung Sektor Perkebunan dan Peternakan Dibangun di Rohul

Nantinya, setelah diterbitkan SP2D, BPKAD Rohul langsung mengusulkan ke bank yang telah ditunjuk untuk diproses pencairan bantuan ADD tahap pertama tersebut. Kemudian pihak bank yang akan mentransfer ke rekening pemerintah desa penerima.

Selain bantuan ADD, Suharman juga menjelaskan, Pemkab Rohul juga telah menstransfer pencairan bantuan Dana Desa atau DD tahap pertama bersumber dari APBN 2019 sebesar 20 persen langsung ke rekening pemerintah desa penerima.

"Artinya, bantuan DD tahap satu sudah masuk ke rekening 139 pemerintah desa penerima," tegas Suharman. (Fjr)