Ketua Yayasan Achmad Berterima kasih

BAZNAS Salurkan Beasiswa Kepada 20 Mahasiswa ISQ Kurang Mampu

140
0
SHARE
BAZNAS Salurkan Beasiswa Kepada 20 Mahasiswa ISQ Kurang Mampu

Bupati Rohul H Sukiman, menyerahkan secara simbolis penyaluran beasiswa dari zakat yang dihimpun BAZNAS Rohul, ke Rektor ISQ Syekh Ibrahim DR.H,Mustafa Umar LC.MA

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), salurkan bantuan beasiswa dari zakat Asnaf Fisabililah kepada 20 mahasiswa Institut Sainstek Alquran (ISQ) Syekh Ibrahim, Rohul sebesar Rp40 juta untuk dua semester.

Secara simbolis, bantuan beasiswa diserahkan Ketua BAZNAS Rohul Armen ZA, Selasa (14/2/2019) pagi, di Masjid Agung Islamic Centre Pasir Pangaraian, dari Ketua BAZNAS Rohul Armen ZA kepada Bupati Rohul H Sukiman, didampingi Rektor ISQ Syekh Ibrahim DR.H. Mustafa Umar, LC. MA, disela-sela kegiatan pengajian rutin Selasa seluruh ASN Pemkab Rohul dan jajarannya.

Kegiatan juga dihadiri Ketua Harian BAZNAS Zukifli, Wakil Ketua IV Bidang Adm Umum Mirza Hamzah serta Komisioner Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan H Tarmizi.

Bupati Sukiman berharap, dengan banyaknya zakat yang disalurkan melalui BAZNAS Rohul maka bantuan untuk masyarakat juga akan semakin banyak. Apalagi, BAZNAS merupakan lembaga yang mengurusi zakat dan keberdaraan selama ini sudah sangat membantu.

“Dengan adanya BAZNAS Rohul, masyarakat fakir dan miskin serta asnaf lainnya bisa terbantu, termasuk mahasiswa, pelajar dan UKM. Kita juga harapkan, seluruh ASN di seluruh OPD yang ada bisa rutin salurkan zakatnya. Juga kepada masyarakat, juga bagi perusahaan yang ada di Rohul. Semakin banyak masyarakat Rohul dibantu melalui BAZNAS, maka semakin terbantu Pemkab Rohul,” ucap Bupati Sukiman, disela-sela pengajian rutin Selasa.

Usai penyerahan simbolis beasiswa, Ketua BAZNAS Rohul bersama komisioner lainnya, Rektor ISQ serta para dosen pengajar, mahaiswa dan mahasiswi, lakukan pertemuan dengan Ketua Yayasan ISQ Syekh Ibrahim juga mantan Bupati Rohul Drs. H. Achmad, M. Si.

Ketua BAZNAS Armen ZA mengatakan, bantuan yang disalurkan sebesar Rp40 juta, dibagikan kepada 20 mahasiswa dan mahasiswi, masing-masing dibantu Rp2 juta untuk dua semester.   

“Bantuan yang kita salurkan Rp1 juta untuk per semesternya per orang, sehingga dua semester masing-masing diberikan Rp2 juta, total yang disalurkan Rp40 juta untuk 20 orang. Itu zakat dari Asnaf Fisabilillah, yang disalurkan melalui BAZNAS Rohul,” kata Armen ZA.

Ketua Yayasan ISQ Syekh Ibrahim, Drs. Ahmad, M. Si, berterima kasih kepada BAZNAS Rohul yang sudah salurkan beasiswa bagi 20 mahasiswa/mahasiswi tidak mampu. Berharap, bantuan yang diberikan bisa membantu keringanan sehingga dapat menyelesaikan pendidikannnya di ISQ.

“Kita sangat berterima kasih, karena ISQ Syekh Ibrahim kedepannya kita bangun untuk menjadi sekolah sekolah tinggi agama Islam yang terkemuka dalam mengintegrasikan ilmu Al Qur'an dan saintek modern di Asia tenggara tahun 2025. Sehingga memang membutuhkan suport dan dukungan semua elemen,” kata Achmad.

Achmad juga berharap, mahasiswa ISQ nantinya menjadi corong BAZNAS setidaknya tetangga dan  keluarga,  serta jadi magnet untuk Muzaki salurkan zakatnya melalui BAZNAS Rohul. Karena bantuan walaupun kecil, namun ini sangat berharga dan berikan efek besar membesarkan Islam di Negeri Seribu Suluk.

“ISQ Syekh Ibarhim dibangun sudah terkoneksi dengan keberadaan Masjid Agung Islamic Centre, untuk membangun perdaban di Asia Tenggara. Kita  juga sudah ada komitken dengan Gubernur Riau terpilih, agar kedepannya saat memimpin bisa memperhatikan pendidikan keagamaan di Rohul,”

“Kemudian, tidak semua pemerintahan dipusatkan di Pekanbaru. Bisa saja terkait keagamaan nantinya di Rohul. Ini akan memberikan dampak positif. Bahkan kita yakin, kedepannya ISQ akan jadi besar seperti Unisversitas Al Azhar di Kairo, turki. Kita sudah bicara 2025 ISQ menjadi yang terdepan di Asia. Apalagi pondasi kita sudah kuat, tenaga pengajar kita sudah diakui  juga disegani di Riau ini,” ungkap Achmad.  

Bahkan informasi dari pengelola ISQ Syekh Ibarhim, saat ini mahasiswa yang kuliah kini sudah 157 lewat semester 7. Kedepannya, nantinya ISQ diharapkan menjadi pendidikan yang diakui di Asia Tenggara. (Adv/ Pemkab Rohul)