8 April 2019, MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul Mulai Digelar

172
0
SHARE
8 April 2019, MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul Mulai Digelar

Para juara MTQ Rokan Hulu 2018

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.ID - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), dijadwalkan akan digelar pada 8 April 2019.

Jadwal ini merupakan hasil pertemuan kedua yang diadakan di Aula Kantor Bupati dipimpin oleh Asisten II, Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Rohul Ir. M. Ruslan M.Si, Rabu (3/6/2019).

Dalam pertemuan kedua ini dihadiri Kepala Diskominfo Rohul, Gorneng S. Sos, M.Si, Kepala Disparbud Rohul Drs Yusmar M.Si, Kepala Disperindag Rohul Drs Sariaman M.Si, Kepala Bagian Kesra Setda Rohul Umzakirman S. Ag, Kepala Bagian Administrasi Kementerian Agama Rohul Zulkifli S.Ag, M.PDi, serta perwakilan dari OPD lain di Pemerintah Kabupaten Rohul.

Baca Juga : Bupati Sukiman meminta Kepala OPD lebih kreatif mencari dana dari APBN

Asisten Ekbang Setdakab, Rohul M. Ruslan, mengatakan bahwa pertemuan tersebut telah diadakan dua kali. Pertemuan pertama sendiri diadakan pada Selasa (21/2/2019) lalu.

Ruslan mengatakan, semua peserta pertemuan dari OPD telah setuju dan siap untuk berhasil dalam implementasi Tingkat MTQ XIX Kabupaten Rohul yang akan diselenggarakan pada 8 April 2019.

"Hasil pertemuan, semuanya sepakat dan mereka siap mendukung keberhasilan pelaksanaan MTQ pada 2019," kata M. Ruslan seusai pertemuan.

Ruslan mengatakan, pelaksanaan MTQ XIX Kabupaten Rohul akan diadakan selama tujuh hari mulai dari 8 hingga 14 April 2019. Lokasi itu sendiri masih berpusat di Purna MTQ Rohul, lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih Pasir Pengaraian, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.

Baca Juga : 149 Calon PPPK Rohul Tunggu Pengumuman Kelulusan, BPKP Pesankan Ini

Mengenai jadwal pendaftaran peserta, lanjut M. Ruslan, berpusat di Convension Hall Masjid Agung Islamc Center Rokan Hulu, dan hanya selama dua hari, 6 April 7, 2019.

Kemudian, pelantikan Dewan Hakim diadakan pada hari Senin 8 April 2019, diikuti oleh Parade Taaruf mulai pukul 14.00 Wib. Untuk star dimulai dari depan Kantor Desa Pematang Berangan, dan finishing di Astaqa Utama MTQ.

Dimana nantinya, setiap kecamatan juga diharuskan menyiapkan peserta parade taaruf MTQ XIX di Kabupaten Rohul yang sedikitnya 200 orang, dan membawa mobil-mobil dekoratif. Dilanjutkan pada malam hari, pembukaan MTQ XIX di tingkat Kabupaten Rohul dimulai pukul 8:00 malam.

Ruslan juga mengungkapkan bahwa pada MTQ XIX Rokan Hulu Tahun 2019 akan memperlombakan enam cabang, yaitu Cabang Tilawah, Qira'at As-Sab'ah Tilawah, Qur'an Hifzil, Qur'an Khartil, Fahmil Qur'an dan Cabang Syarhil Qur'an.

"Tujuan dari implementasi MTQ adalah untuk mencari qori dan qoriah, dalam mendukung implementasi MTQ tingkat provinsi, yang insya Allah biasanya diadakan pada akhir setiap tahun," kata Ruslan.

"Kami juga telah menyiapkan majelis hakim yang akan memberikan penilaian tentang MTQ tahun ini, baik hakim provinsi dan kabupaten," kata Zulkifli.

Zulkifli juga mengakui, di MTQ tahun ini ada cabang tambahan dari kompetisi yang diperebutkan, yaitu Cabang Bacaan Al-Qur'an, yang terdiri dari cabang pembantu dari Qira'atil Quran yang biasa disebut Qira'ah Sab'ah. Ada tiga cabang yang diperebutkan, yaitu kelompok dewasa mujawat Qira'atil Qur'an, remaja mujawat golang, dan remaja murotal.

Mengenai apa yang diizinkan untuk menggunakan peserta dari daerah lain, Zulkifli mengakui bahwa sesuai dengan instruksi Bupati Rohul Sukiman, semua peserta MTQ di tingkat Kabupaten Rohul adalah putra daerah yang lebih disukai.

Zulkifli juga mengakui, bahwa ada beberapa cabang yang belum ada di Rohul, seperti Musabaqoh, penafsiran bahasa Inggris, Arab dan Al-Quran Khattil.

"Kami masih memberi peluang kepada peserta dari luar Rohul, tetapi dengan catatan permanen di Provinsi Riau. Di luar Provinsi Riau kami tidak menerimanya," jelas Zulkifli. (Fjr)