1 Muharram 1440 H, UAS Ajak Muslim Hijrah

219
0
SHARE
1 Muharram 1440 H, UAS Ajak Muslim Hijrah

UAS berikan tausiah dalam acara tabligh Akbar di Kunto Darussalam

KUNTO DARUSSALAM - Tabligh akbar peringatan 1 Muharram 1440 Hijriyah di Lapangan sepak bola Kelurahan Kota lama Kecamatan Kunto Darussalam, Kamis (13/9/2019) malam, dipadati belasan ribu jamaah dan umat muslim dari Rokan Hulu (Rohul) khususnya dari Kunto Darussalam, dengan menghadirkan penceramah Ustad Abdul Somad (UAS) Lc MA.

Hadir di kegiatan itu, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Kadis Perpustakaan dan Arsip Rohul DR Dipendri, Anggota DPRD Rohul Zulfahmi, Rusdi SE. Camat Kunto Darussalam Ruslan SSos, Lurah Kotalama Aly Yusuf SSos, Kepala Desa se-Kecamatan Kunto Darussalam.

Menjelang kehadiran UAS untuk memberikan ceramah agama pada pukul 19.30 Wib, lapangan sudah disesaki jamaah masjid dan umat islam yang ada di Rohul. Antusias masyarakat dalam menyambut kedatangan Alumni Universitas Al-Azhar Kairo Mesir dalam acara tablig akbar, masyarakat yang hadir membacakan Shalawat. Tepat pukul 21.00 Wib, UAS tampil di hadapan belasan ribu umat islam dengan memberikan pencerahan dalam memperingati 1 Muharam 1440 H.

Dalam tausiahnya, UAS mengajak umat Islam untuk melakukan hijrah. Makna Hijrah yang dimaksud UAS bukan dari Mekkah ke Medinah, melainkan merubah dari yang tidak baikmenjadi kearah yang lebih baik.

“Mudahan mudahan masyarkat Kecamatan Kunto Darussalam khususnya Kabupaten Rohul menjadi umat yang baik.  Hijrah meningalkan yang dilarang oleh Allah SWT,’’ sebutnya.

Kata UAS, dirinya tidak asing datang ke Rohul. Karena hampir seluruh kecamatan di Rohul sudah dikunjungi dalam menyampaikan ceramah agama.

“Rohul yang dikenal dengan Negeri Seribu Suluk, merupakan Negeri para ulama, Mursyid-mursyidin, Khalifah. Kalau tidak mengetahui bagaimana cara berzikir, datanglah ke Rohul karena setiap hari bergetar dengan lafaz zikir yang dikumandangkan. Mudah-mudahan selalau istiqamah bagi yang sering berzikir,’’ sebutnya.

Bahkan dalam ceramahnya, UAS mengaku bangga dengan masyarakat Rohul di kecamatan Kunto Darussalam dalam menyambut Tahun Baru Islam 1440 H, dengan menggelara tabligh akbar dan kegiatan positif lainnya.

UAS juga menceritakan, kenangannya pertama kali dirinya masuk siaran TV saat memberikan ceramah agama di Masjid Agung Islamic Center Rohul tahun 2012 silam diacara Rohul menghafal Al Quran. Karena dulunya sebelum dikenal memberikan ceramah, datang ke Rohul dirinya dalam sebulan bisa 2 hingga 4 kali.

Dirinya mengingatkan ke para orang tua di Rohul, untuk menjaga anaknya, jangan sampai melakukan perbuatan maksiat. Karena Kabupaten Rohul merupakan negeri ulama.

“Disini lahir ulama besar seperti Syekh Abdul Wahab Rokan serta Sykeh Ismail dan Syekh Ibrahim,” tegasnya. (Ary)